Penulisan Judul Kontrak/ Perjanjian

by Estomihi FP Simatupang, SH.,MH

Posted on February 17, 2022 07:30

Setiap kontrak/ perjanjian harus diberi judul kontrak dan beberapa hal berikut ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam membuat judul kontrak/ perjanjian, antara lain :

Penempatan Judul Kontrak

Jika kontrak memiliki halaman sampul, itu ditempatkan di sana secara mencolok. Selanjutnya, judul kontrak harus berada di bagian atas halaman pertama (baik sebagai pengantar ke para pihak atau, jika tidak ada halaman sampul, sebagai judul sebenarnya) dan mungkin juga di bagian bawah setiap halaman. Pada sampul dan halaman pertama sering dicetak tebal dan kapital (meskipun tidak mengacu pada definisi sebagai istilah kapital sebaliknya). Kata perjanjian dalam judul lebih umum daripada istilah kontrak. Tidak ada perbedaan makna.

Contoh penempatan judul kontrak pada halaman sampul

 

Contoh judul kontrak pada halaman pertama

 

Contoh judul kontrak pada halaman selanjutnya

 

Memilih judul kontrak

  • Judul kontrak seharusnya hanya mencerminkan sifat atau tujuan utama dari perjanjian, yang menunjukkan apakah itu lisensi, perjanjian kerahasiaan atau kontrak lainnya. Judul yang dipilih tidak boleh tanpa arti dan harus singkat:
    • Contoh judul perjanjian tanpa arti : "Surat Perjanjian"
    • Contoh judul perjanjian singkat : Perjanjian untuk Pengembangan, Implementasi, dan Pemeliharaan Perangkat Lunak, disingkat dengan judul "Perjanjian Layanan Perangkat Lunak Utama". 
  • Jangan sertakan nama pihak dalam judul. Namun, menyebutkan pihak mungkin lebih disukai dalam kasus dengan dua mitra usaha patungan atau dalam perjanjian yang mengatur posisi para pihak terhadap pihak yang disebutkan
    • Contoh : Perjanjian Pemegang Saham Sony Ericsson.
  • Dalam memilih judul kontrak, hindari penggunaan singkatan (jargon);
    • Contoh : singkatan DHL dapat merujuk ke perusahaan logistik DHL (Dalsey, Hillblom dan Lynn).
  • Judul tidak boleh menggambarkan transaksi dari kedua perspektif
    • Perjanjian Sewa-Menyewa Rumah atau Perjanjian Jual-Beli Mobil sebaiknya menjadi "Perjanjian Penyewaan Rumah" atau "Perjanjian Penjualan Mobil"

 

Judul dan subjudul kontrak

Jika diinginkan, Anda dapat menambahkan subjudul ke halaman sampul (mis. Perjanjian Pembelian Saham – terkait dengan penjualan Layanan Distribusi Johnson). Namun sub judul tidak boleh diulang pada halaman kontrak pertama atau di footer.

Contoh Judul Surat Perjanjian dengan Subjudul

 

Judul amandemen, suplemen dan addendum

Amandemen, suplemen dan tambahan masing-masing harus diberi judul Amandemen, Tambahan atau Adendum, mungkin diperpanjang dengan nomor amandemen kronologisnya dan jika diinginkan juga dengan kata persetujuan (misalnya Amandemen Perjanjian IV). Subjudul dapat ditambahkan untuk mengidentifikasi perjanjian yang diubah.

Contoh Judul Amandemen dengan Subjudul

Perjanjian 'dinyatakan kembali'

Kadang-kadang, kontrak tidak lagi mencerminkan cara para pihak bekerja sama atau sering diubah sehingga gambaran lengkapnya tersebar di berbagai amandemen atau tambahan. Juga, perjanjian jangka panjang, seperti usaha patungan yang sukses, terkadang menyediakan negosiasi ulang setelah jangka waktu awal. Dalam keadaan seperti itu, mungkin diinginkan untuk menyusun kembali seluruh perjanjian dan untuk menekankan bahwa hubungan komersial yang ada dilanjutkan tanpa inkonsistensi atau interupsi. Untuk menekankan konsistensi dengan praktik masa lalu, perjanjian baru akan mendapatkan akhiran yang Dinyatakan Kembali dalam judulnya (misalnya, Perjanjian Usaha Patungan yang Dinyatakan Kembali).

Misalnya, pernyataan ulang dari pengaturan usaha patungan akan menekankan bahwa para pihak terikat oleh itikad baik yang tinggi, yang berakar pada tingkat saling percaya yang luar biasa yang tumbuh secara historis. Demikian pula, pernyataan kembali dapat mendukung diskusi dengan orang ketiga bahwa pengaturan kontrak pasca-divestasi sebenarnya merupakan kelanjutan dari transaksi intra-perusahaan yang sebelumnya tidak didokumentasikan.

 

Contoh surat perjanjian yang dinyatakan kembali


Referensi :

  • Mary Keenan, Sarah Riches & Vida Allen. 2019. Business Law Ninth Edition. England : Pearson Education Limited
  • Gautama, Sudargo. 1979 "Contoh- Contoh Kontrak- Kontrak Rekes- Rekes & Surat- Surat Resmi Sehari- Hari". Bandung : Alumni
  • Subekti. 1979." Aneka Perjanjian".Bandung : Alumni
  • Sumber Lain dari berbagai sumber

Total Views : 546

Related Post

× Harap isi Nama dan Komentar anda!
humbarasa.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Komentar pada artikel ini
Responsive image

Kirim Pertanyaan

Peraturan PerUndang-Undangan
Yurisprudensi
Seputar Hukum Kontrak
Essay