Recitals/ Pembukaan

by Estomihi FP Simatupang, SH.,MH

Posted on February 24, 2022 07:46

Pembukaan biasanya diberi judul Resital, Sedangkan atau Latar Belakang, mungkin ditulis dengan huruf besar semua atau dicetak tebal.

Resital memberikan informasi latar belakang tentang para pihak, tentang konteks perjanjian dan pengantar perjanjian itu sendiri. Resitals tidak memuat hak dan/atau kewajiban para pihak.

Resitals selalu didahului dengan kata Bahwa yang kemudian diikuti dengan penjelasan. Dalam istilah hukum kata bahwa digunakan sebagai kata pengantar untuk sebuah resital dalam sebuah dokumen formal. Resital memberikan informasi latar belakang tentang para pihak, tentang konteks perjanjian dan pengantar perjanjian itu sendiri, seperti :

  • menggambarkan peristiwa atau keadaan, yang menyebabkan transaksi.
  • menjelaskan tujuan transaksi, yang ingin dicapai oleh para pihak
  • para pihak mungkin ingin menyatakan bahwa persyaratan atau prasyarat tertentu untuk membuat perjanjian telah dipenuhi.

Informasi yang dibahas dalam resitals harus dibatasi pada maksud, keinginan, atau pernyataan fakta. Kekhususan lain yang menjelaskan gambaran yang lebih besar dari transaksi yang dibayangkan, seperti saling ketergantungan kontrak dengan perjanjian lain (jika ada) atau persyaratan bahwa kondisi penting tertentu harus dipenuhi atau persetujuan peraturan diberikan, dapat dibahas di sini juga. Secara keseluruhan, hal-hal yang dibahas dalam pembukaan harus sedemikian penting sehingga jika salah satu dari mereka tidak benar, kontrak harus dapat dibatalkan atas dasar hukum 'kesalahan'.

 

Contoh Resital


Referensi

  • Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
  • Widjaya, Rai. 2002."Merancang Suatu Kontrak, Contract Drafting, Teori dan Praktek".  Jakarta :Megapoin
  • Gautama, Sudargo. 1979 "Contoh- Contoh Kontrak- Kontrak Rekes- Rekes & Surat- Surat Resmi Sehari- Hari". Bandung : Alumni
  • https://www.pphbi.com

Total Views : 367

Related Post

× Harap isi Nama dan Komentar anda!
humbarasa.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Komentar pada artikel ini
Peraturan PerUndang-Undangan
Yurisprudensi
Seputar Hukum Kontrak
Contoh-Contoh Perjanjian
Essay